Teguh Firman Saputra, hobi menulis di blog

Sabtu, 25 April 2015 19:01:06 - Posting by teguh_1 - 716 views

KoranPendidikan.com -  aktivitas nge-blog bagi guru kini sudah tidak asing, sebab guru merasakan manfaat blog bagi guru.Alhamdulilah, saya sudah merasakan manfaat ngeblog bagi saya, yang tulisannya sudah banyak di publikasikan di media cetak online, seperti kompasiana,edu post, dsb. Saya seorang Guru Pramuka,Blogger Inspiratif, dan admin web sekolah. banyak aktifitas ngeblog yang dilakukan oleh guru, seperti menulis dan mempublikasikan di blog nya sendiri.

Saya adalah dibilang guru tapi masih murid, tapi saya ingin belajar bagaimana menjadi seorang guru, tentunya sangat susah walaupun banyak kian metode-metoode pembelajaran, tetapi siswa tidak responsif terhadap kita, terutama saya. Tapi sebagai guru harus bangga, karena merupakan profesi yang paling mulia, maka muliakan diri kita dengan akhlak.Alhamdulilah, kini tulisan di blog saya sudah 3.000 artikel lebih di publikasikan dan berbagai kategori disediakan, bapak/ibu juga bisa langsung mengunjunginya di htttp://bimbingankonseling.guru-indonesia.net.

Alhamdulilah. ibu saya selaku orang tua saya sangat mendukung sekali kepada saya, karena kegiatan saya ini dimanfaatkan secara positif dan baik untuk masyarakat, begitupun bapak/ibu guru saya yang selalu terus mensupport.Bahagianya sekali sangat diapresiasikan oleh orang-orang yang berharga tuk masa depan.

Manfaat nge-blog bagi guru, yaitu

1.     Tempat Penyimpanan Data Online

Dengan memiliki sebuah blog maka dengan otomatis seorang guru memiliki tempat menyimpan semua media pembelajarannya. Arsip kegiatan, nilai, foto dokumentasi dan bahkan menyimpan forto folio profesional seorang guru.

2.     Menjadi Media Pembelajaran Online

Karena blog merupakan media online yang dapat diakses oleh siapa saja maka bagi seorang guru blog bisa dijadikan media pembelajaran online dengan cara menuliskan artikel pembelajarannya, soal online, media peraga, video tutorial dan lain-lain yang dapat diakses oleh siswanya. Sehingga pembelajaran dapat menembus ruang dan waktu.

3.     Membuktikan Professional Guru

Dengan memiliki blog, maka seorang guru memiliki nilai lebih dibanding dengan guru lain. Pemanfaatan media blog dapat meningkatkan kualitas diri dan kompetensi seorang guru. Dengan kekuatan memiliki blog, seorang guru dapat menuliskan apapun tentang kegiatan disekolah seperti menceritakan kegiatan belajar yang menyenangkan bersama siswa, menceritakan inovasi dalam metode mengajar yang memang menarik minat dan bisa jadi contoh bagi guru-guru yang lain untuk dipraktikkan di kelas mereka. Lebih banyak lagi pemanfaatan blog ini sebagai suatu terobosan baru dalam dunia pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Menguasai IT bagi guru merupakan salah satu tujuan Pendidikan Indonesia agar guru tidak gaptek dengan media informasi online.

4.    Menjadi Seorang Researcher (Peneliti)

Saat memiliki blog, seorang guru mulai memahami cara membuat blog dan menjadi blogger. Mulai menulis artikel-artikel pendidikan sampai tentang apa saja yang ia sukai atau bahkan yang hanya tahu sedikit-sedikit, tentu ia tidak ingin asal menulis karena tujuannya adalah pengunjung atau pembaca blog mendapatkan info yang baik dan bermanfaat. Untuk menulis sesuatu yang baik, benar, dan bermanfaat sering kita harus melakukan sedikit research atau penelitian, dalam hal ini cari referensi, baik dari buku, dialog dengan temen, atau yang paling gampang adalah lewat search engine terutama google. Nah, blogger guru pasti banyak menemukan hal-hal baru karena membaca dan memahami. Semakin mengetahui bagaimana melakukan research / penelitian sederhana bahkan singkat. Merangkumnya dalam sebuah artikel original yang informatif dan berguna untuk orang lain. 

5.    Menjadi Penulis yang Lebih Baik

Hampir mirip dengan point diatas, seorang blogger guru secara tidak langsung akan semakin terbiasa menulis. Secara alami pasti akan mencoba menyusun kalimat dan paragraf serta susunan kata-kata sebaik mungkin agar artikel kita menarik, dan nyaman dibaca oleh pengunjung blog. Tentu saja hal itu akan meningkatkan kemampuan menuangkan isi pikiran dan isi hati dalam bentuk tulisan. Bahkan jika artikel atau tulisannya berkualitas pada akhirnya dapat menghasilkan karya berupa buku.

6.     Membantu Orang Lain 

Setiap artikel yang kita share berupa tips-tips atau pengetahuan dalam bidang tertentu yang bermanfaat bagi orang lain, pastilah pengunjung blog akan merasa sangat terbantu dengan tulisan-tulisan tersebut. Jadi, dengan menulis artikel-artikel dalam sebuah blog, kita bisa membantu orang lain, bukankah sangat berarti hidup kita jika bisa membantu dan bermanfaat bagi sesama? Begitu besarnya manfaat blog bagi kita jika kita benar-benar menyadarinya.

7.     Menjadi Terkenal

Terkenal bukanlah tujuan blogger tetapi seiring banyaknya artikel bermanfaat yang kita tulis di blog dan semakin banyak orang membaca dan menyukai tulisan kita, tentunya kita akan semakin dikenal banyak pengguna internet karena artikel-artikel kita yang bermanfaat untuk mereka, dan semakin kita sadari manfaat blog bagi kita.

8.     Menambah Teman dan Relasi

Blogger terdiri dari banyak kalangan, profesi, usia, dan dari seluruh dunia yang bisa saling berinteraksi setiap saat. Sangat besar potensi kita untuk memperluas pergaulan, mendapatkan teman-teman baru dan relasi-relasi baru khususnya dalam hobby/kesukaan/profesi yang sama. Dari sana sangat memungkinkan terjadi tukar ide, berbagi pengalaman, bahkan potensi-potensi usaha. Bukankah menyenangkan mempunyai banyak teman dengan ide dan kesukaan yang sama?.

9.     Menjalin Komunikasi Online

Dengan memiliki blog seorang guru bisa menjalin komunikasi sesama guru di Indonesia dan juga sesama pelajar/siswa. Sehingga informasi pendidikan tidak mandek dan dapat diakses dengan online oleh semua kalangan pendidikan. Bahkan dengan memiliki blog bisa mengembangkan jaringan lebih luas antar guru di negara-negara lain.

10.  Menghasilkan Uang

Jangan lupa jika blog bisa menghasilkan uang! Bagaimana caranya? Logikanya, semakin blog kita banyak pengunjung, salah satu cara menghasilkan uang dari blog adalah mengikuti berbagai Kontes SEO atau perlombaan blogging. Selain itu melalui program periklanan yang biasa disebut PPC (Paid Per Click) atau Monetize links.  Memang tidak mudah bagaimana cara membuat blog yang mendatangkan banyak pengunjung ke blog kita, tapi dengan semangat dan rasa ingin tahu yang besar, kita bisa mempelajari tahap demi tahap apa saja yang bisa kita lakukan untuk mendatangkan banyak pengunjung di blog kita. Salah satunya belajar SEO.

Semoga tulisan saya ini, bisa mengantarkan saya menjadi guru blogger yang inspiratif...Amiin...Salam Maju Bersama

Tags # #bimbingankonseling.guru-indonesia.net #kngb unair #smk ymik #smp ymik #unair.ac.id #unas #ymik