Picture Seriese Media Efektif Belajar Speaking

Jum`at, 23 Januari 2015 21:46:37 - Posting by redaksi - 531 views

Picture Seriese

Media Efektif Belajar Speaking

Penggunaan Media picture Seriese dalam pembelajaran bahasa inggris telah diteliti oleh penulis melalui penelitian tindakan Kelas. Hal menarik yang didapatkan penelitian adalah bahwa sebelum digunakan media picture series nilai rata rata materi speaking siswa 80.97 dan  setelah digunakan media picture series nilai rata rata adalah 85,65. Peningkatan hasil belajar ini sangat signifikan, karena selisih nilai keduannya sebesar 4,68.

Mengapa media Picture seriese sangat penting digunakan dalam pembelajaran speaking ? setidaknya ada 6 alasan dasar penggunaangambar atau picture dalam pembelajaran , sebagaimana dinyatakan oleh Hamalik, Yaitu 1)  Gambar bersifat kongkrit; 2) Gambar mengatasi bbatas waktu dan Ruang; 3) ambar mengatasi kekurangan daya mampu  pancaindra manusia; 4) Gambar gambar mudah didapat dan murah; 5) gambar mudah digunakan baik perorngan maupun untuk kelompoksiswa .

Memanfatkan picture seriese sebagi media pembelajaran diharapkan dapt membantu guru dalam penyampaina materi di dalam kelas menjadi lebih mudah , bahkan menurut hasil penelitian Spaulding menunjukan, Bahwa ilustrasi gambar merupakan perangkat pengajaran yang dapat menarik minat belajar siswa secara efektif . hal ini Karena ilustrasi gambar dapat membantu siswa menafsifkan dan mengingat ingat isi ateri dalam suatu bacan .

Implementasi penggunaan picture series dalam pembelajara bahasa inggris harus tetap memperhatikan beberapa prinsip yaitu:

Memilih Efektivitas Gambar.

Gambar yang digunakan dalam pembelajaran harus spesifik , tujuan khususnya adalah mengarahkan minat siswa kepada pokok pelajaran . sebagai contoh, bilamana tujuan intruksional yang ingin dicapi adalah kemampuan membandingkan , maka gambar gambarnya harus memperhatikan perbedaan yang mencolok antara hal yang dibandingkan.

 

Paduan gambar

Padukan gambar gambar dalam pelajaran seefektif mungkin, karena pemakaian gambar gambar di dalam proses belajar mengajar memerlukan keterpaduan . bilamana gambar-gambar itu akan dipakai semuanya , perlu dipikirkan kemungkinan dalam kaitan pokok pokok pelajaran . gambar gambar yang riil sangat berfaedah untuk suatu mata pelajaran , karena maknanya akan membantu pemahaman siswa dan cara itu akan ditiru untuk hal hal yang sama dikemudian hari .

Gambar sedikit

Gambar yang digunakan sedikit saja jumlahnya agar efektif daripada banyak dan serabutan tanpa pilih pilih. Jumlah gambar yang sedikit tetapi selektif, lebih baik dari pada banyak namun berlebihan . penyajian gambar hendaknya dilakukan secara bertahap , dimulai dengan konsep konsep pokok, yaitu hal yang terpenting dari pelajaran itu. Lalu diperhatikan gambar yang menyertainya lingkungannya, dan lain lain berturut turut secara lengkap.

Kurangi penambahan kata kata pada gambar

Penambahan kata kata dalam gambar sangat penting karena dapat membantu mengembangkan kata kata atau cerita , atau dalam menyajikan gagasan baru . misalnya dalam mata pelajaran biologi , para siswa mengamati gambar gambar hewan bertulang belakang dan menjelaskan mengapa bentuk tidak sama , apa cri cirri membedakan satu sama lain. Melalui gambar itulah mereka memperoleh kejelasan tentang istilah istilah vebal.

Mendorong pernyataan yang kreatif

Melalui gambar gambar para siswa akan didorong untuk mengembangkan keterampilan berbahsa lisan dan tulisan , seni grafis dan bentuk bentuk kegiatan lainnya. Ketermpilan jenis keterbacaan visual dalam hal ini sangat diperlukan bagi para siswa dalam membaca gambar gambar itu.

 

 

 

Mengealuasi kemajua kelas.

Gambar bisa juga digunakan untuk mengevaluasi belajar siswa dengan memanfatkan gamabr baik secara umum maupun secara khusus  jadi guru bis mempergunakann gambar datar , slide atau transparann untuk melakukan pemakaian secara  instrument tes secara bervariasi , dan hal ini akan sangat baik dilakukan guru, dalam upaya memperoleh hasil tes yang komperenship serta menyeluruh.

Berdasarkn enam prinsip inilah kemampuan berbicara atau speaking siswa dapat ditingkatkan serta berdampak pada meningkatnya keaktifan belajar siswa dikelas , belajar menjadi inovatif , kreatif dan menyenangkan . dengan inilah maka pmbelajaran bahasa inggris dengan media picture series sangat efektif meningkatkan kemampuan siswa berbicara bahasa inggris. (*)

Tags #belajar #efektif #media #picture #seriese #speaking