Raih Adiwiyata hingga Widya Pakerti Nugraha

Kamis, 28 November 2013 12:55:26 - Posting by redaksi - 1113 views

CINTA LINGKUNGAN: Siswa SDN Panggungrejo 04 dengan tropi dan piagam prestasi yang diraih sekolah. Penanaman sadar dan cinta lingkungan terus ditanamkan pada siswa.

SDN Panggungrejo 04 Kepanjen, Kabupaten Malang, terbilang SDN terbaik se Kabupaten Malang. Lima tahun terakhir, SDN ini pun berhasil memperoleh berbagai penghargaan, Jawa Timur hingga nasional.

Selama ini, SDN Panggungrejo 04 sukses mewujudkan sekolah yang berwawasan lingkungan. Diawali dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menjaga lingkungan asri, mengolah sampah, hingga pendidikan dan pembiasaan karakter pada siswanya. Melalui berbagai kegiatan rutin yang ada, perilaku sadar dan cinta lingkungan serta berbudi pekerti yang baik selalu dibiasakan pada siswa. Seperti program sadar lingkungan (adiwiyata), kantin kejujuran, duta UKS, serta kegiatan lainnya untuk menanmkan nilai jujur, disiplin, bertanggung jawab, dan toleransi.

Upaya ini pun berbuah banyak penghargaan. Diantaranya, penghargaan Widya Pakerti Nugraha dari Pemprov Jawa Timur (2013) dan sekolah Adiwiyata Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup RI (2012). Sebelumnya, SDN Panggungrejo 04 pernah mendapatkan penghargaan juara UKS (2008), penghargaan 3R (Reduce, Recycle, dan Reuse) atau pengolahan dan daur ulang sampah (2012).

Berbagai penghargaan ini tentunya tak terlepas dari kepemimpinan Radi Sucipto MPd dan keteladanan semua guru di SDN Panggungrejo 04 Kepanjen. Memimpin sejak 2004 silam, Sutikno sempat menjadi nominasi kasek berprestasi Jawa Timur, tepatnya pada 2011.

Kepala SDN Panggungrejo 04 mengatakan, pengembangan sekolah berwawasan lingkungan bermula dari dijadikannya SDN ini sebagai binaan program environmental service program (ESP) project USAID pada 2005-2006. Lebih dari itu, pada 2008, SDN Panggungrejo 04 menjadi salah satu SDSN Percontohan Kabupaten Malang.

“Mewujudkan sekolah ramah lingkungan butuh sinergi dan kerja sama. Lingkungan yang mendukung untuk belajar juga akan menghasilkan prestasi dan hasil belajar lebih baik. Siswa bisa nyaman dan berlama-lama belajar di sekolah,” demikian Sucipto yang juga bertekad meningkatkan prestasi akademis siswa. min-KP

Tags #adiwiyata #hingga #nugraha #pakerti #raih #widya